inversijatim.id-Sektor angkutan penumpang PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya mencatatkan hasil positif peningkatan volume pelanggan pada periode semeseter 1 tahun 2024 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pada periode 1 Januari s.d 30 Juni 2024, volume pelanggan di KAI Daop 8 Surabaya tercatat sebanyak 2.896.332 pelanggan. Rinciannya, 939.181 penumpang kelas eksekutif, 125.003 penumpang kelas bisnis, dan 1.832.148 penumpang kelas ekonomi.
Sedangkan pada periode yang sama tahun sebelumnya, 1 Januari s.d 30 Juni 2023, volume pelanggan di KAI Daop 8 Surabaya tercatat sebanyak 2.565.356 pelanggan, dengan rincian 862.125 penumpang kelas eksekutif, 126.878 penumpang kelas bisnis, dan 1.576.353 penumpang kelas ekonomi.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan bahwa terjadi peningkatan volume pelanggan di KAI Daop 8 Surabaya sebanyak 330.976 atau meningkat 12,9% pada periode semeseter 1 tahun 2024 dibandingkan periode semester 1 tahun sebelumnya.
Lebih lanjut Luqman Arif mengungkapkan meningkatnya volume pelanggan pada periode semester 1 tahun 2024 dibanding periode semester 1 tahun 2023, salah satunya diperkirakan karena adanya sejumlah inovasi peningkatan pelayanan yang KAI Daop 8 Surabaya lakukan seperti peremajaan sarana, penambahan KA baru, peningkatan kecepatan, dan peningkatan fasilitas pelayanan pelanggan di Stasiun.
Di tahun 2023 s.d 2024 PT KAI Daop 8 Surabaya telah melakukan berbagai inovasi seperti peremajaan sarana KA Argo Bromo Anggrek dan KA Majapahit dengan menggunakan jenis Kereta Stainless Steel New Generation, penambahan KA baru seperti KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir PP dan KA Malabar keberangkatan pagi relasi Malang – Bandung, serta melakukan peningkatan kecepatan seiring dengan pemberlakuan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) baru yang telah dimulai pada 1 Juni 2023. Inovasi produk kereta juga KAI Daop 8 Surabaya hadirkan melalui Kereta Kompartmen yang dirangkaikan pada KA Argo Semeru dan KA Bima untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan saat dalam perjalanan.
Untuk meningkatkan pelanggan agar dapat senantiasa menggunakan moda transportasi kereta api, KAI Daop 8 Surabaya juga terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan di Stasiun, diantaranya dengan menyediakan luxury lounge, arena bermain anak, air minum isi ulang gratis bagi penumpang, serta fasilitas Face Recognition Boarding Gate yang memudahkan penumpang dalam proses boarding.
Dengan semangat melayani, KAI Daop 8 Surabaya berkomitmen akan terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan dengan harapan minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat Waktu. “KAI Daop 8 Surabaya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya serta kesetiaan masyarakat yang telah memilih transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas,” tutup Luqman Arif.