inversijatim.id-Mulai 1 Oktober 2024 KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya akan menambah jumlah stamformasi Commuter Line Dhoho/Penataran (Surabaya Kota – Kertosono – Blitar) dari enam kereta ekonomi K3 menjadi delapan kereta ekonomi K3 pada 8 (delapan) jadwal perjalanan KA (Kereta API)nya. Penambahan jumlah stamformasi tersebut meningkatkan kapasitas angkut dari 636 tempat duduk menjadi 848 tempat duduk.
Sedangkan untuk penyesuaian stamformasi Commuter Line Surabaya Kota-Pasuruan (Supas), dari lima kereta ekonomi KRD menjadi enam kereta ekonomi K3 pada setiap rangkaiannya. Sedangkan peningkatan jumlah kapasitas pengguna dari 400 tempat duduk menjadi 636 tempat duduk. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan layanan bagi penumpang .
“Penambahan kapasitas angkut ini, untuk mengakomodasi pertumbuhan jumlah penumpang kereta api perkotaan di wilayah Surabaya yang terus naik,” jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus.
“Penambahan kapasitas angkut pengguna ini dilakukan dengan menambahkan jumlah stamformasi Commuter Line Dhoho dan Commuter Line Supas,” tambahnya.
Menurutnya, KAI Commuter mencatat rata-rata volume harian pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya pada September 2024 ini sebanyak 38.968 orang per harinya atau lebih besar 3% jika dibanding Agustus 2024 kemarin yaitu sebanyak 37.777 orang tiap harinya.
Sementara itu, sepanjang 2024 ini hingga 30 September ini total pengguna Commuter Line Dhoho/Penataran sebanyak 6.436.170 orang dengan rata-rata volume sebanyak 23.698 orang per harinya. Sedangkan total volume Commuter Line Supas sepanjang 2024 ini sebanyak 1.004.836 orang atau rata-rata sebanyak 3.634 orang per harinya.
Dengan penyesuaian stamformation untuk meningkatkan kapasitas angkut ini, secara keseluruhan KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya meningkatkan kapasitas angkut pengguna sebanyak 14% tiap harinya. “KAI Commuter mempredikasi kenaikan volume pengguna Commuter Line Dhoho/Penataran dan Commuter Line Supas sebanyak 2-5% tiap harinya atau meningkat sebanyak 600 – 1500 orang per harinya” tambah Joni.
Dalam hal standar layanan kepada seluruh pengguna, KAI Commuter akan memberikan standar layanan yang sama dengan layanan Commuter line lainnya yang sudah berhasil diterapkan. “Kami senantiasa berharap dan berupaya maksimal agar kehadiran KAI Commuter memberi dampak positif dan menjadi solusi layanan transportasi di setiap tempat dimana kami hadir, tutup Joni.