Tren industri kosmetik Indonesia diproyeksi terus meningkat sejalan dengan masifnya perkembangan e-Commerce di Indonesia.
Berdasarkan data Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), terjadi peningkatan pertumbuhan jumlah pelaku usaha kosmetik dari jumlah 819 pada 2021 menjadi 913 pada 2022, atau sebesar 20,6%.
Selanjutnya, pada 2023, industri kosmetik di Indonesia tumbuh sebesar 21,9%, yakni dari 913 perusahaan di 2022 menjadi 1.010 perusahaan.
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pun menyampaikan industri kosmetik tumbuh 43,11 persen di periode 2020-2023.
“Itu (menyumbang) 6,8 persen PDB (Produk Domestik Bruto) industri sektor pengolahan setelah industri makanan sebesar 17,2 persen,” kata Agus dalam keterangannya, Jumat (26/7/2024).
Dalam rangka meningkatkan industri kosmetik Tanah Air, Krista Exhibitions menggelar IndoBeauty Expo 2024 selama tiga hari mulai 31 Juli – 2 Agustus 2024 di Hall C1 dan C2 Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta.
Pameran kali ini akan menghadirkan 170 perusahaan di bidang kosmetik, perawatan kulit, produk wewangian dan rambut, peralatan dan teknologi pengemasan yang berasal lebih dari 12 negara.
Beberapa di antaranya, New Zealand, AUE, China, South Korea, Philippines, Thailand, Malaysia, Singapore, Japan, India, Indonesia dan Taiwan.
Krista Exhibitions juga menampilkan lebih dari 30 perusahaan perintis (start-up) dalam negeri atau perusahaan lokal yang memamerkan produk-produk kecantikan yang sesuai dengan permintaan potensi pasar domestic dan diharapkan dapat menembus pasar internasional.
“Industri kecantikan terus berkembang ke arah positif di setiap tahunnya. Pameran IndoBeauty Expo 2024 yang telah diselenggarakan ke 14 kalinya mengalami kenaikan jumlah peserta sekitar 30% dari tahun lalu. Krista Exhibitions optimis melalui pameran ini dapat mendorong pengembangan industri kosmetik dalam negeri agar mampu berdaya saing di pasar global dan melalui pameran ini juga dapat memberikan informasi kepada pengusaha di bidang kecantikan untuk mendapatkan inovasi teknologi maupun produk terbaru bagi wanita, pria, anak – anak bahkan balita,” terang Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions Daud D Salim.
“IndoBeauty Expo 2024 hadir sebagai platform terlengkap untuk menjawab permintaan pasar dalam negeri yang cukup besar dan saat ini banyak perusahaan kosmetik Indonesia yang hadir untuk memenuhi perkembangan permintaan masyarakat dengan memproduksi berbagai produk kosmetik dan kecantikan yang berkualitas. Pameran ini menargetkan 12.000 pengunjung akan hadir dalam 3 hari pameran ini,” tambahnya.
– Hadirkan Ragam Brand Skincare hingga Kosmetik
Daud menjelaskan IndoBeauty Expo 2024 akan menampilkan berbagai kategori produk dan peralatan di bidang kecantikan dan kesehatan, mulai dari brand skin care atau perawatan kulit, color cosmetic atau make up, perfume, manufacture atau pabrik skin care, dan perawatan kulit.
Ada pula pameran pabrik color cosmetic, hair care device atau perawatan rambut, aesthetic, spa dan wellness clinic, dermatology device, alat dan mesin untuk klinik kecantikan, packaging atau pengemasan produk, trading & import consultant, inkjet printing technology.
Pameran ini juga menyuguhkan berbagai rangkaian acara seperti seminar, talkshow dan demo kecantikan maupun skincare di industri kosmetika yang menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri di antaranya talk show bersama para dokter dari DermatoVen dengan tema “Waspada Bahaya Kanker Kulit”.
Selanjutnya, talkshow bersama dokter dari Evolusi Herbal dengan tema “Generasi Muda Anti Jompo”, lalu talkshow dengan dokter Neo Kosmetika dengan tema “Industri Apa Cuma BPOM?”. Ada pula talkshow bersama dokter dari VERSI dengan tema “Personal Color & Style”, serta talkshow bersama dokter dari Sukma Skin Treatment dengan tema “Mengenal Skin Care, Bahan-bahan Berbahaya yang Belum Diketahui Masyarakat, dan Cara Mendeteksinya”.
Dalam acara konferensi pers, Daud menyampaikan apresiasi atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian R.I.,Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetik (PPAK) Indonesia, Asosiasi Pengusaha Suplemen Kesehatan Indonesia (APSKI), dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO). Dengan dukungan ini, pameran IndoBeauty Expo 2024 bisa terselenggara.
“Indo Beauty Expo 2024 terbuka bagi para pelaku bisnis kecantikan dan masyarakat umum. Pameran dibuka mulai dari Pukul 10.00 WIB hingga Pukul 19.00 WIB. Para pengunjung tidak diperkenankan untuk anak berusia di bawah 14 tahun tidak diperkenankan untuk masuk ke area pameran,” jelas Daud.
170 Perusahaan Kosmetik dari 12 Negara Ramaikan IndoBeauty Expo 2024
By
Ahmad Zain
5 Min Read
You Might Also Like
Leave a comment
Leave a comment